9 Pantangan Makanan yang Dilarang Untuk Penderita Gagal Ginjal

Selain memperhatikan menu makanan sehat untuk penderita gagal ginjal, Anda juga perlu memperhatikan pantangan makanan yang dilarang untuk penderita gagal ginjal baik itu gagal ginjal kronik maupun akut. Maka dari itu, mulai sekarang Anda perlu memperhatikan kedua kebiasaan sehari-hari tersebut karena ini menyangkut kesehatan ginjal Anda sekaligus bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit gagal ginjal yang dialami.

9 Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal Kronis

9 Pantangan Makanan yang Dilarang Untuk Penderita Gagal Ginjal

1. Karbohidrat

Bagi penderita gagal ginjal kronis yang ingin melakukan diet sehat sebaiknya kurangi makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, jagung, ubi, kentang, pasta, makaroni, dan hevemout. Akan lebih baik, jika karbohidrat ini diganti dengan buah-buahan, roti, biji-bijian, dan sayuran karena makanan ini juga memberikan energi, serat, mineral, dan vitamin. Selain itu, Anda juga bisa menggantinya dengan madu atau jeli, bahkan jika diperlukan bisa mengkonsumsi makanan penutup berkalori tinggi seperti kue, tetapi tetap batasi makanan penutup yang dibuat dari susu, coklat, kacang atau pisang.

2. Lemak

Hindari makanan berlemak dan kolesterol tinggi yang terdapat pada daging merah, kulit ayam, jeroan, junkfood atau makanan cepat saji, mentega, sus dan olahannya, makanan yang digoreng dan lain-lain.

3. Protein

Hindari makanan yang memiliki protein tinggi seperti daging ayam, daging kambing, ikan, udang dan telur. Beberapa dokter atau ahli gizi banyak yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi protein bagi penderita gagal ginjal hanya sebanyak 1 gram protein perkilogram berat badan perhari.

4. Sayur dan Buah-buahan dengan Kalium Tinggi

Hindari sayuran dan buah-buahan berkalium tinggi seperti apel, alpukat, jeruk, pisang, anggur, kubis, buncis, kembang kol, seledri, stroberi, papaya, dan daun papaya. Hal ini dikarenakan makanan yang berkalium tinggi eakan menyebabkan penumpukan pada tubuh sehingga ginjal tidak akan berfungsi dengan baik.

5. Makanan yang Mengandung Garam Berlebih

Makanan dengan kandungan garam tinggi seperti makanan beku, sup kalengan, makanan cepat saji, camilan sayuran dan sayuran dalam kaleng.

Mulai sekarang perlu kita kurangi penggunaan garam secara berlebihan untuk mengurangi risiko gagal ginjal yang semakin ganas dan mampu mengontrol tekanan darah tinggi.

6. Makanan yang Mengandung Zat Fosfor

Untuk penderita gagal ginjal awal biasanya tingkat zat fosfor dalam tubuhnya tinggi, dan hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kalsium dalam tubuh rendah sehingga tubuh pun akan menarik kalsium dari tulang dan tulang Anda akan semakin lemah.

Bagi penderita gagal ginjal perlu membatasi sejumlah makanan yang mengandung fosfor yang besar seperti pada susu, yogurt, keju, jenis kacang-kacangan termasuk selai kacang. Selain harus dihindari untuk menjaga kesehatan ginjal, konsumsi makanan berfosfor tinggi juga memicu penyakit lain seperti lemahnya tulang dan menimbulkan gatal-gatal pada kulit.

7. Batasi Cairan dalam Tubuh

Beberapa makanan atau minuman yang dapat meningkatkan cairan dalam tubuh Anda seperti anggur, melon, salada, es krim, sup, tomat dan lain-lain. Bagi penderita gagal ginjal sebaiknya makanan tersebut harus dihindari karena jika tidak membatasi cairan yang Anda konsumsi akan membuat kondisi semakin buruk dan ketika Anda sedang melakukan cuci darah (dialisis), ini sangat berbahaya karena cairan dapat menumpuk dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit lain seperti sesak napas.

Tips yang bisa dilakukan agar Anda tidak sering minum adalah menghindari makanan asin, makan es krim, dan jangan keluar rumah terlalu sering saat cuaca panas.

8. Makanan Berbahan Pengawet Kimia

Semua makanan yang mengandung bahan pengawet tidaklah baik bagi kesehatan tubuh termasuk organ ginjal. Jadi bagi penderita gagal ginjal kronis jangan mengkonsumsi makanan kaleng, mi instan dan makanan siap saji lainnya.

9. Seafood

Beberapa makanan seafood tidaklah baik untuk penderita gagal ginjal kronis seperti udang, tiram, kepiting, cumi-cumi, dan lain-lainnya. Maka dari itu, mulai sekarang hindari mengkonsumsi seafood.

Beberapa makanan pantangan di atas sangatlah penting dan jika penderita gangguan ginjal kronis mengkonsumsi makanan tersebut apalagi dalam kadar yang banyak maka akan berdampak tidak baik. Selain menghindari makanan yang dipantang diatas, pola hidup sehat juga harus dilakukan demi menjaga ginjal tetap sehat seperti berhenti merokok, berhenti minum alkohol, menjaga tekanan darah dan gula darah, serta melakukan medical check-up secara rutin.

Anjuran Pengobatan Gagal Ginjal!

Setelah menghindari makanan yang dilarang untuk penderita gagal ginjal, bagi Anda yang sudah menderita gagal ginjal stadium 1, 2, 3 atau bahkan kronis disarankan untuk melakukan terapi oles menggunakan obat herbal gagal ginjal menggunakan Firmax3 Cream. Selain aman yang cara penggunaanya hanya cukup dioles juga tidak akan menimbulkan efek samping negatif karena terbuat dari 100% bahan herbal dan telah lulus uji klinis BPOM dengan No. Registrasi NA 32150102086.

Selengkapnya: Gagal Ginjal Bisa Sembuh hanya dengan Dioles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *