14 Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner

Makanan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, termasuk pada penderita penyakit jantung koroner. Nah, bagi Anda yang sedang menderita penyakit jantung koroner berikut beberapa menu makanan sehat untuk penderita jantung koroner supaya bisa membantu proses penyembuhan disamping kita melakukan pengobatan.

14 Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner

14 Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner

Makanan yang tercantum di bawah ini adalah yang terbaik untuk melindungi jantung dan pembuluh darah.

  1. Yogurt
    Penelitian menunjukkan yoghurt dapat melindungi terhadap penyakit gusi. Jika dibiarkan, penyakit gusi dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung. Para peneliti dari Jepang menganalisis asupan makanan dari hampir 1.000 orang dewasa dan menemukan mereka yang mengkonsumsi yogurt memiliki gusi yang sehat.
    Laporan yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology mengungkapkan probiotik (bakteri baik) sebagai salah satu makanan untuk kesehatan gusi. Para ahli percaya bahwa probiotik dapat membantu untuk melawan pertumbuhan bakteri di mulut.
  2. Kismis
    Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kismis memerangi tumbuhnya jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi. Orang yang memiliki penyakit gusi akan mempengaruhi terhadap kesehatan jantung.
  3. Biji-bijian
    Orang yang makan biji-bijian cenderung lebih ramping dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal ini mungkin karena biji-bijian mengandung antioksidan, fitoestrogen dan pitosterol yang protektif terhadap penyakit jantung koroner.
    Menurut hasil berbagai studi serat dalam biji-bijian juga memiliki manfaat menghubungkan diet tinggi serat dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian di Harvard, orang yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki risiko 40% lebih rendah terkena penyakit jantung daripada mereka yang makan diet rendah serat.
    Serat larut dalam Biji-bijian juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Jenis biji-bijian dengan kadar serat larut tinggi adalah gandum, jagung dan beras merah.
  4. Kacang hijau
    Mengkonsumsi kacang hijau secara teratur baik untuk kesehatan jantung Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyarankan untuk mengkonsumsi 1/2 cangkir kacang hijau setiap hari dapat menurunkan kolesterol.
    Kacang hijau kaya akan serat larut dan zat lainnya yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang hijau mengandung berbagai nutrisi untuk melindungi jantung, yakni flavonoid yang bekerja untuk menghambat adhesi trombosit dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
  5. Ikan Salmon
    Mengkonsumsi ikan 2-3 porsi dalam satu minggu, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner untuk jangka panjang. Hasil studi menunjukkan, Ikan seperti salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah serta dapat membantu mencegah irama jantung yang tidak teratur (aritmia).
  6. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan rendah lemak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang walnut, pecan, almond, hazelnut, pistachio, kacang pinus dan kacang tanah hampir setiap hari memiliki jantung yang lebih sehat dan kuat.
  7. Coklat hitam
    Para peneliti telah menemukan bahwa coklat kaya akan flavanol yang memiliki efek pengencer darah dan dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu coklat hitam juga bermanfaat untukmeningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan. Orang-orang Kuna di Kepulauan San Blas, lepas pantai Panama, tercatat memiliki kesehatan jantung yang sangat baik, karena banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari coklat.
    Selain itu, Flavanol dalam coklat akan membantu meningkatkan fungsi dan menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga dapat menekan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal dan demensia.
    Beberapa penelitian juga menunjukkan coklat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa dalam cokelat, yang disebut epikatekin, meningkatkan oksida nitrat, zat yang sangat penting untuk kesehatan pembuluh darah. Tingkat berlimpah oksida nitrat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.
  8. Tomat
    Buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium dan serat serta mengandung lycopene akan bekerja sama untuk membantu dalam pencegahan dan pengobatan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi nutrisi dalam tomat dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.
  9. Apel
    Dari data yang dikumpulkan dan dipelajari oleh para peneliti Finlandia selama 28 tahun dari 9208 pria dan wanita, menemukan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi apel memiliki risiko yang sangat rendah untuk menderita stroke dan jantung.
    Flavonoid yang ditemukan dalam apel seperti kuersetin, epikatekin, epigalokatehin, dan kaempferol memiliki peran untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), mencegah penumpukan plak dalam arteri, serta menghambat peradangan. Apel juga kaya akan pektin, bentuk serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Sehingga tidak salah bila buah Apel sangat di anjurkan sebagai makanan sehat untuk penderita jantung.
  10. Aneka buah beri
    Mengkonsumsi buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry dan aneka jenis buah beri lainnya dikaitkan dengan peningkatan tingkat kolesterol baik (HDL) dan menurunkan tekanan darah. Di dalam buah-buahan ini terkandung berbagai polifenol yang baik bagi kesehatan yang mencakup antosianin dan asam ellagic.
    Polifenol dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, sebuah molekul untuk membuat jantung tetap sehat. Salah satunya adalah membuat rileks pembuluh darah, yang kemudian menghasilkan penurunan tekanan darah.
  11. Delima merah
    Penelitian menunjukkan bahwa delima merah dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri dan menurunkan tekanan darah. Para ahli percaya bahwa manfaat delima merah berasal dari senyawa antosianin di dalamnya.
    Dalam sebuah studi pada tahun 2008, peneliti menemukan bahwa delima merah memiliki antioksidan lebih tinggi dibandingkan minuman kaya antioksidan lainnya seperti jus blueberry, cranberry dan anggur merah.
  12. Pisang
    Kandungan kalium pada buah pisang mampu membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh. Kalium membantu ginjal mengekskresikan kelebihan natrium, sehingga berkontribusi untuk tekanan darah yang sehat. Mineral ini sangat penting bagi orang yang memakai obat diuretik untuk penyakit jantung.
  13. Popcorn
    Kandungan polifenol pada popcorn dapat meningkatkan kesehatan jantung. Popcorn bahkan memiliki polifenol 3 kali lebih banyak dibandingkan kacang merah.
  14. Teh hijau
    Beberapa bukti terkuat tentang manfaat teh bagi kesehatan jantung berasal dari berbagai penelitian. Para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari memiliki kesehatan jantung yang sangat baik.

Dengan mengkonsumsi menu makanan sehat untuk penderita Jantung Koroner diatas, bukan tidak mungkin orang yang menderita Jantung Koroner bisa sembuh dari penyakit Jantung Koroner secara bertahap sampai sembuh total.

Adapun bagi Anda yang saat ini masih belum menemukan solusi untuk mengobati Jantung Koroner Kronis maupun Akut yang sedang diderita, kami menawarkan produk herbal terbaik untuk membantu penyakit Jantung Koroner Anda sampai tuntas yakni hanya dengan melakukan terapi oles secara rutin di rumah menggunakan obat herbal jantung koroner Firmax3 Cream.

Selengkapnya: Jantung Koroner Bisa Sembuh Hanya dengan Dioles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *